Multi Warna Multi Prestasi pada HUT MTs Negeri Ambon Ke-32 Tahun 2023


Bismillah, kesyukuran kami panjatkan kehadirat Allah SWT beserta salam salawat kepada baginda Raulullah SAWW karena berkesempatan hadir pada kegiatan Ulang tahun MTs Negeri Ambon yang ke-32 tahun 2023. Semoga MTs Negeri Ambon selalu di hati masyarakat dalam mencetak generasi emas yang selalu tampil dengan prestasi yang gemilang baik secara akademik maupun nonakademik, Insya Allah, aamiin. 

Selayang pandang MTsN Ambon

MTs Negeri Ambon (MTsN) mendapat pengakuan dari Kementerian Agama RI sejak tahun 1991 tepatnya 11 Juli 1991 dan diakui sebagai lembaga pendidikan madrasah. Pada paparan ini akan dimulai dengan mengupas napak tilas perjalanan MTs Negeri Ambon dari awal berdirinya sampai saat ini. MTs Negeri Ambon seagaimana disaksikan sekarang ini tidak diraih dengan mudah tetapi dengan perjuangan yang luar biasa dari para pendiri lembaga ini. Bila berkaca pada cerita para pendiri MTs Negeri Ambon sungguh sangat mengiris hati karena ketika itu sebagian besar masyarakat belum mengenal adanya lembaga pendidikan yang bernama "Madrasah".

Lembaga madrasah belum dikenal luas di kalangan masyarakat dibanding dengan lembaga pendidikan yang bernama "sekolah". Hal ini menyebabkan rendahnya minat masyarakat menyekolahkan anaknya di madrasah. Konon ceritanya karena begitu sulitnya mendapatkan peserta didik, maka terkadang mendatangi rumah warga dan mengajak anak-anaknya untuk bersekolah di MTs Negeri Ambon. Ketika itu, madrasah masih di pandang sebelah mata oleh kebanyakan masyarakat.

Namun seiring waktu animo atau minat masyarakat mulai berubah akibat dari pembenahan yang terus dilakukan oleh pihak madrasah sehingga tidak menunggu lama keadaan sudah mulai berbalik. Dimana awalnya susah mendapatkan peserta didik, kini MTs Negeri Ambon tidak mampu menampung peminat untuk bersekolah lembaga ini. Hal ini perlu disyukuri dan senantiasa berbanah diri agar madrasah semakin dicintai masyarakat.

MTsN Ambon dengan usianya ke-32 sudah tidak terhitung lagi alumni yang telah diluluskan dan mereka sudah mengabdikan dirinya masing-masing dengan profesi yang beragam. Disamping itu, para pendidik yang telah purnabakti dari MTsN Ambon menjadi salah satu ukiran sejarah dalam perjalanan panjang MTsN Ambon. Pergantian pimpinan dari yang pertama sampai saat ini juga turut mewarnai suka duka dalam membangun citra madrasah di tengah-tengah masyarakat. Semangat masyarakat yang tinggi tentu menjadi tantangan sekaligus peluang yang harus disikapi dengan  baik dan hati-hati. 

Evaluasi madrasah menjadi bagian yang sangat penting untuk melihat dimana ada ancaman, hambatan, peluang, dan kekuatan diri madrasah untuk bisa Menyusun program yang uptodate. Persaingan prestasi antar madrasah bertambah ketat sehingga diperlukan adanya program yang menjawab tantangan zaman. Madrasah yang unggul menjadi dambaan kita semua, bukan saja nilai Akreditasi A+ tetapi setiap medarsah harus memacu diri menjadi lembaga Pendidikan yang berkategori unggul. Salah satu cirinya madrasah unggul adalah memiliki peserta didik yang berasal dari negara luar/asing. Sehingga untuk menuju menjadi madrasah unggul sangat dibutuhkan prestasi yang bersifat global atau bertaraf internasional. 

Prestasi internasional dapat diraih dengan melakukan kompetisi yang berjenjang dan terprogram. Kegiatan semacam ini di Kota/Kab. Provinsi Maluku untuk jenjang madarasah masih sebatas pada perolehan juara pada tingkat nasional dengan didominasi medali perak. Sehingga masih membutuhkan perjuangan yang lebih lagi agar bisa sampai pada juara tingkat internasional. Kita semua harus memiliki Impian seperti  ini dimana suatu saat nanti bisa terwujud. Bagi para pendidik mengharapkan kepada peserta didik ada yang berpeluang mendapatkan juara pada kompetisi apapun yang bertaraf internasional.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan dalam pencapaian juara international adalah dengan menumbuhkan minat pada penguasaan bahasa asing terkhusus Bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Jika ini bisa menjadi kebijakan pemerintah terkhusus Provinsi Maluku, maka kita perlu menunggu 5 – 10 tahun, peserta didik akan memiliki kepercayaan diri tampil di kanca internasional. Penguasaan Bahasa inggris menjadi modal dasar untuk bisa berbicara dikelas dunia dalam mempresentasikan hasil karya mereka. Walaupun tidak menapikan adanya alat bantu yang bisa menerjemahkan dalam berbagai Bahasa tetapi ini menjadi kriteria tersendiri ketika terjadi komunikasi dengan pihak lain. Kompetensi linguistik hendaknya menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dengan penguasaan kompetensi lainnya, artinya kompetensi Bahasa sebagai platform pada setiap mata pelajaran.

Prestasi kata kunci ketertarikan masyarakat

Disisi lain, dalam mempertahankan ketertarikan masyarakat menempuh pendidikan anak-anaknya tentu kata kunci adalah prestasi. Apapun keadaan yang dimiliki MTsN Ambon
tidak terlepas peran dari semua pihak dalam mencurahkan pikiran dan tenanganya dalam merancang suatu program yang dapat memacu prestasi peserta didik. Dengan prestasi inilah sehingga semakin tinggi minat masyarakat dan mempercayakan sepenuhnya anak-anaknya menimba ilmu di madrasah. Sehingga berharap kepada kita semua untuk senantiasa mendoakan MTsN Ambon semakin memiliki prestasi yang semakin gemilang kini dan akan datang serta membangun karakter yang kuat agar peserta didik tidak mudah terjerumus pada lembah kenistaan

Penanaman karakter moral-spritual dan cinta tanah air menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran di MTsN Ambon. Peserta didik senantiasa mendapatkan sentuhan-sentuhan karakter kesholehan pribadi dan sosial yang menjadi ciri khas tersendiri pada lembaga pendidikan madrasah. Peserta didik akan selalau didampingi oleh para gurunya dalam upaya penanaman nilai-nilai agama islam yang baik dan benar. Peserta didik akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman agama islam yang kaffah. Jika hal ini tertanam sejak dini, maka peserta didik memiliki perisai yang kuat dan handal terhadap kekhawatiran mereka terjerumus pada pemahaman keagamaan yang sempit. Kita tidak bisa pungkiri bahwa ditengah-tengah kehidupan saat ini telah adanya pemahaman agama yang bernuansa radikalisme yang sangat ekstrim. 

Selain itu, peserta didik juga dibimbing agar memiliki karakter cinta NKRI yang kuat dengan menanamkan sikap demokrasi, kerja sama, dan gotong royong yang merupakan nilai-nilai dari Pancasila sebagai dasar negara. Pada kondisi saat ini sangat dibutuhkan penguatan karakter bangsa karena kita menghadapi masalah yang serius terhadap adanya kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain. Dengan demikian, MTsN Ambon menjadi lembaga yang ramah terhadap anak dalam membangun karakter yang bermartabat sebagaimana motto madrasah yang hebat bermartabat, madrasah mandiri berprestasi. Dengan membangun Pendidikan karakter yang kuat kepada peserta didik bisa menjadi landasan yang kuat dalam menghadapi persaingan global yang sangat ketat. Peserta didik akan keluar sebagai pemenang dan tidak mudah mencontoh budaya negara lain yang bertetantangan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Dengan segudang prestasi yang telah diraih oleh MTsN Ambon tidak juga melupakan untuk selalu melakukan introspeksi diri dengan bahasa yang lebih modern adalah Evaluasi Diri Madrasah agar bisa konsisten dalam prestasi baik akademik maupun nonakademik. Sekali lagi, selamat dan sukses HUT MTs Negeri Ambon Ke-32.

Diposting : @zarifoji313 #zarifoji

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema-Tema Penting Pada Peringatan Asyura Nasional Tahun 1445 H/2023

Ilmuan Peringatkan Bahaya AI (Artificial Intellegence)

Menyikapi Perkembangan ChatGPT OpenAI